Abstrak


Perbedaan Kecemasan Persiapan Persalinan antara Ibu Hamil Primigravida dan Multigravida Trimester III


Oleh :
Nikmatul Bilqis - R1115056 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK
Latar Belakang: Persiapan persalinan pada ibu hamil meliputi persiapan alat, bahan, dukungan, serta persiapan mental. Persiapan mental yang tepat dan baik akan meminimalkan kecemasan pada seorang ibu hamil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kecemasan persiapan persalinan antara ibu hamil primigravida dan multigravida trimester III.
Metode: Penelitian menggunakan desain survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling menggunakan accidental sampling. Besar sampel 30 ibu hamil primigravida dan 30 ibu hamil multigravida sesuai kriteria retriksi. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS) untuk mengukur kecemasan. Analisis data menggunakan uji statistik Mann Whitney.
Hasil Penelitian: Skor kecemasan menunjukkan ibu dengan kecemasan ringan lebih banyak terjadi pada multigravida sebanyak 26 orang (86,7%), pada primigravida l8 orang (60%). Prosentase kecemasan sedang banyak terjadi pada primigravida yaitu 12 orang (40%) dan multigravida 4 orang (13,3%). Hasil uji statistik Mann Whitney diperoleh p= 0,021 (p<0,05).
Simpulan: Terdapat perbedaan yang signifikan tingkat kecemasan persiapan persalinan antara ibu hamil primigravida dan multigravida trimester III.
Kata kunci: Kecemasan, primigravida, multigravida