Abstrak


Analisis Kualitas Air dan Kandungan Logam Berat Kromium (Cr) Pada Air, Sedimen, dan Daging Ikan Nila (Oreochromis niloticus Linn.) di Sungai Premulung Kota Surakarta


Oleh :
Intan Sri Pitasari - M.0412042 - Fak. MIPA

Sungai merupakan ekosistem lotik yang berperan penting bagi kehidupan makhluk hidup diantaranya sebagai habitat organisme perairan, saluran drainase, dan sumber air untuk kebutuhan manusia. Sungai Premulung merupakan sungai yang melintas di Kota Surakarta. Daerah tepi Sungai Premulung dikelilingi permukiman, pasar, industri tekstil, batik, sablon dan rumah sakit, yang menghasilkan limbah yang berpotensi mencemari dan menurunkan kualitas perairan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas air dan kandungan logam berat kromium (Cr) pada air, sedimen, dan daging ikan nila (Oreochromis niloticus Linn.) di Sungai Premulung Kota Surakarta, serta hubungan antara kandungan Cr dalam air, sedimen dan Cr dalam daging ikan nila.

Penelitian ini dilakukan dengan observasi lapangan di 3 stasiun, yaitu perairan Sungai Premulung yang mengalir di bawah Jembatan Kleco, Griyan dan Jongke. Data parameter suhu, TDS, pH, DO, BOD, COD, dan Cr air dibandingkan PPRI No. 82 Tahun 2001 (air kelas 2); Cr sedimen dibandingkan ANZECC Tahun 2000; Cr daging ikan dibandingkan CFSA Tahun 2012. Kualitas air sungai dianalisis menggunakan metode STORET, sedangkan hubungan antara Cr dalam air, sedimen, dan daging ikan dianalisis dengan korelasi Pearson.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas air Sungai Premulung Kota Surakarta berada pada kualitas tercemar sedang. Kandungan logam berat Cr air Sungai Premulung sebesar (ttd-0,0344) mg/L dan Cr sedimen (1,307-4,948) mg/kg masih memenuhi baku mutu, sedangkan Cr daging ikan nila (1,958-3,535) mg/kg melebihi baku mutu. Hubungan kandungan Cr air sangat kuat berbanding lurus (r = 0,997) dengan Cr daging ikan sedangkan Cr sedimen dengan Cr daging ikan berbanding terbalik sedang (r = -0,470).

Kata kunci: Kualitas air, kromium (Cr), Oreochromis niloticus, Sungai Premulung.