Abstrak


Kontruksi Realitas Kompas.Com Dalam Pemberitaan Pembatasan Bbm Bersubsidi (Analisis Framing Pemberitaan Pembatasan BBM Bersubsidi Yang Dimuat Kompas.com Pada Periode Agustus – September 2014)


Oleh :
Alfian Putra Marfuadi - D.1212008 - Fak. ISIP

Pemberitaan Terhadap Pembatasan Bahan Bakar Minyak Bersubsidi yang cukup banyak menyita perhatian publik. laman kompas.com mengangkat kebijakaan pembatasan bbm bersubsidi sebagai liputan khusus. Penelitian ini menggunakan pemilihan purposive sampling yang mana mengambil berita pembatasan bahan bakar bersubsidi terbanyak yaitu pada bulan Periode Agustus hingga September 2014 sebanyak 7 item berita

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana cara Kompas.com dalam membingkai pemberitaan pembatasan bahan bakar bersubsidi dilihat dari penyusunan fakta, pengisahan fakta, penulisan fakta, dan penekanan fakta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan model analisis framing model Zhongdang Pan dan Gerald M.Kosicki.

Hasil penelitian yang ditinjau dari penyusunan fakta, pengisahan fakta, penulisan fakta, dan penekanan fakta yang dilakukan oleh Kompas.com terhadap Pembatasan Bbm Bersubsidi pada bulan Agustus hingga September 2014 menunjukkan bahwa kebijakkan pembatasaan bbm bersubsidi dinilai tidak efektif.

Keywords : analisis framing, media online, pembatasaan bbm