Abstrak


Pengembangan Motif Parijoto Pada Batik Kudus


Oleh :
Hamida - C0909006 - Fak. Seni Rupa dan Desain

Proses perancangan karya ini dilatarbelakangi karena masih sangat minimnya pengembangan visual motif Parijoto yang selama ini dilakukan. Alasan pemilihan sumber ide ini adalah motif Parijoto menyimpan potensi estetik yang besar untuk dikembangkan secara visual. Pengembangan motif batik Parijoto ini bertujuan untuk menambah alternatif desain baru dari buah Parijoto, sehingga dapat memunculkan motif-motif batik alternatif baru yang memperkaya khasanah batik Kudus.
Hasil dari perancangan ini diarahkan menjadi produk inovatif karena masih sedikitnya yang mengembangkan batik Kudus. Konsep desain diarahkan agar produk batik yang dibuat memperhatikan unsur-unsur estetika dan desain sesuai perkembangan zaman (bersifat kekinian).
Motif dikembangkan dengan arahan batik kontemporer dengan penambahan motif abstrak sebagai motif pendukung. Teknik yang digunakan adalah teknik batik tulis guna menampilkan ciri khas batik Kudus dan hasil yang berkualitas. Sedangkan pewarnaan menggunakan teknik pencabutan warna dengan Hidrogen Peroksida (H2O2) dan remukan sebagai pembeda dari perancangan motif batik Parijoto sebelumnya.
Kata Kunci: batik Kudus, kontemporer, parijoto, cabut warna.