Abstrak


Partisipasi Petani Binaan Dalam Program Penyuluhan Alih Teknologi Oleh CV. Pendawa Kencana Multifarm di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta


Oleh :
Riska Ambarwati - H.0812157 - Fak. Pertanian

Partisipasi petani dalam program penyuluhan alih teknologi merupakan bentuk keterlibatan petani secara sadar, dalam kegiatan dari program penyuluhan alih teknologi mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan kegiatan, sampai kepada proses pemanfaatan hasil. CV. Pendawa Kencana Multifarm merupakan organisasi swasta yang memainkan peranan yang penting sebagai fasilitator dalam keberlangsungan program penyuluhan alih teknologi kepada petani binaan di Kabupaten Kulon Progo.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat partisipasi petani binaan terhadap program penyuluhan alih teknologi oleh CV. Pendawa Kencana Multifarm di Kabupaten Kulon Progo dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi petani binaan terhadap program penyuluhan alih teknologi oleh CV. Pendawa Kencana Multifarm di Kabupaten Kulon Progo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan teknik survei. Lokasi penelitian di Kabupaten Kulon Progo. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah petani di Kabupaten Kulon Progo yang merupakan petani binaan CV. Pendawa Kencana Multifarm dan melaksanakan program alih teknologi, yang terdiri dari 5 kelompok responden dengan komoditas budidaya yang berbeda. Sampel yang digunakan sebanyak 60 petani dari jumlah total 122 petani. Peneliti mengumpulkan data dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi berupa foto. Metode analisis data yang digunakan adalah rumus lebar interval kelas dan model analisis regresi berganda.

Hasil penelitian ini adalah berdasarkan tingkat partisipasi petani terhadap program penyuluhan alih teknologi oleh CV. Pendawa Kencana Multifarm: (1) Partisipasi petani dalam kegiatan perencanaan program dalam kategori tinggi. partisipasi dalam kegiatan pelaksanaan program dalam kategori sangat tinggi, partisipasi dalam kegiatan pemanfaatan hasil dalam kategori sangat tinggi, partisipasi petani secara keseluruhan dalam kategori tinggi. Faktor yang mempengaruhi tingkat partisipasi petani adalah umur, pendidikan formal, pendidikan non formal, pendapatan, pengalaman menjadi petani binaan, peran penyuluh, dan sifat inovasi. Faktor-faktor yang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat partisipasi petani adalah pendidikan non formal, pendapatan, dan pengalaman menjadi petani binaan CV. Pendawa Kencana Multifarm.

Hasil penelitian dapat disarankan untuk petani agar menambah wawasan melalui kegiatan non formal tidak hanya melalui penyuluhan namun juga dapat  mengikuti kegiatan sosialisasi, seminar, kunjungan maupun pelatihan. Adanya Program alih teknologi dari CV. Pendawa Kencana Multifarm diharapkan dapat membantu petani baik di dalam mengadopsi teknologi baru ataupun membantu marketing produk di setiap daerah sehingga terbentuk petani mandiri di Kabupaten Kulon Progo pada khususnya dan petani Indonesia pada umumnya.