Abstrak


Kontrol Sosial Tim Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dan Komunitas Terhadap Bahaya Penyalahgunaan Narkoba di Kabupaten Sukoharjo


Oleh :
Andy Dwi Putranto - D.0312009 - Fak. ISIP

Penyalahgunaan narkoba merupakan salah satu jenis patologi sosial yang masih belum teratasi sampai saat ini. Untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan narkoba di kabupaten Sukoharjo, tim P4GN kabupaten Sukoharjo bekerjasama dengan komunitas untuk melakukan kontrol sosial di tengah masyarakat kabupaten Sukoharjo. Upaya kerjasama itu dilakukan karena untuk mencegah penyalahgunaan narkoba harus bekerjasama dengan berbagai pihak, termasuk komunitas. Selain itu upaya kontrol sosial yang dilakukan tim P4GN kabupaten Sukoharjo dan Komunitas adalah untuk mencegah tindakan penyalahgunaan narkoba di tengah masyarakat kabupaten Sukoharjo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontrol sosial yang dilakukan oleh tim P4GN dan komunitas dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba di kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi partisipatoris, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan pada teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling.
Peneliti menggunaan teori aksi dari Talcott Parson untuk menganalisa upaya kontrol sosial yang dilakukan oleh tim P4GN dan komunitas terhadap bahaya penyalahgunaan narkoba di kabupaten Sukoharjo
Hasil penelitian yang dilakukan menemukan bahwa upaya kontrol sosial yang dilakukan oleh tim P4GN dan komunitas menggunakan cara preventif. Kegiatan preventif yang dilakukan oleh tim P4GN kabupaten Sukoharjo dan komunitas pun beragam, tergantung fokus dari komunitas mereka masing-masing. Seperti contoh yang dilakukan komunitas Airsoftgun SEAdengan tim P4GN yaitu dengan melakukan aksi teatritikal penangkapan bandar pada saat sesi penyuluhan, kemudian ada juga upaya preventif yang dilakukan oleh tim P4GN dan komunitas di bidang pendidikan dengan pendirian sanggar bhineka yang disediakan oleh tim P4GN kabupaten Sukoharjo bekerjasama dengan komunitas. Upaya preventif yang dilakukan oleh tim P4GN dan komunitas selanjutnya adalah denganmemnggunakan media langsung yaitu dengan penyuluhan dan dengan cara tak langsung atau simbolik seperti dengan pemberian pamflet, spanduk, dan brosur yang bekerjasama dengan komunitas.
Kata Kunci: Kontrol Sosial, Penyalahgunaan narkoba, Komunitas, dan Tim P4GN