Abstrak


Implementasi Pembelajaran Keterampilan Berbicara pada Program Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing di Unit Pelayanan dan Pengembangan Bahasa Universitas Sebelas Maret Surakarta


Oleh :
Intan Sulistyarini - K1212037 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: 1) perencanaan pembelajaran program Bahasa Indonesia bagi BIPA, 2) pembelajaran keterampilan berbicara BIPA, 3) kendala yang dihadapi dalam pembelajaran BIPA, 4) upaya untuk mengatasi kendala dalam pembelajaran BIPA. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif naturalistik dengan bentuk studi kasus terpancang. Informan dalam penelitian ini adalah pengajar BIPA, mahasiswa BIPA, dan koordinator BIPA. Teknik cuplikan yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan analisis dokumen. Pengujian validitas data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Data penelitian dianalisis menggunakan model analisis interaktif.
Hasil penelitian sebagai berikut: 1) perangkat pembelajaran siswa berwujud silabus dan RPP. Pembelajaran BIPA di UPT P2B, pengajar memang tidak diwajibkan untuk membuat RPP. Jadi, tim hanya menyiapkan silabus dan buku ajar, 2) pembelajaran pada materi keterampilan berbicara yang dilakukan pengajar senantiasa menghubungkan kegiatan dan bahan ajar dengan situasi nyata, yang dapat memotivasi siswa untuk menghubungkan pengetahuan dan terapannya dengan kehidupan sehari-hari, pembelajaran keterampilan berbicara sudah mengarah pada kemampuan mengembangkan kemampuan berbahasa Indonesia pembelajar, 3) kendala-kendala dalam pembelajaran BIPA disebabkan oleh: a) penempatan peserta didik yang sangat heterogen sehingga tidak berimbang, b) budaya pembelajar yang masih belum dapat menyesuaikan dengan budaya Indonesia, c) minat dan motivasi pembelajar yang masih kurang, d) pemilihan materi yang kurang tepat, 4) upaya yang dilakukan pengajar untuk mengatasi kendala-kendala pembelajaran BIPA yaitu dengan membuat variasi pada metode, model dan materi pembelajaran; memberikan materi yang bersinggungan dengan budaya-budaya di Indonesia; menyiapkan berbagai materi dan media dalam setiap proses pembelajaran; meningkatkan kesadaran dan motivasi pada pembelajar.
Kata kunci: keterampilan berbicara, bahasa Indonesia bagi Penutur Asing