Abstrak


Pengaruh Lama Duduk Sebelum Istirahat dalam Berkendara Terhadap Keluhan Low Back Pain Pada Sopir Bus di Terminal Surakarta


Oleh :
Iwing Adi Kurniawan - R0212024 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang : Nyeri punggung bawah atau low back pain (LBP) merupakan salah satu gangguan muskoloskeletal yang disebabkan oleh aktivitas tubuh yang kurang baik. Lama duduk sebelum istirahat dalam berkendara merupakan salah satu penyebab terjadinya low back pain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh waktu istirahat dalam berkendara terhadap keluhan low back pain pada sopir bus di Terminal Surakarta.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian Observasional Analitik dengan pendekatan Cross Sectional, dengan sampel penelitian 95 Sopir bus di Terminal Surakarta. Teknik Sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuesioner waktu istirahat dalam berkendara dan low back pain. Analisis yang digunakan adalah uji statistik non-parametrik Chi Square untuk menguji pengaruh lama duduk sebelum istirahat dalam berkendara terhadap keluhan low back pain.
Hasil : Hasil uji statistik mengenai pengaruh lama duduk sebelum istirahat dalam berkendara terhadap keluhan low back pain menunjukkan nilai signifikan yaitu p-value = 0,000.
Simpulan : Terdapat pengaruh yang signifikan antara lama duduk sebelum istirahat dalam berkendara terhadap keluhan low back pain pada sopir bus di Terminal Surakarta.
Kata Kunci : lama duduk sebelum istirahat dalam berkendara, low back pain, sopir bus.