Abstrak


Pengaruh Intensitas Komunikasi Dengan Aplikasi Line dan Frekuensi Penggunaan Stiker Pada Aplikasi Line Terhadap Efektifitas Komunikasi Interpersonal


Oleh :
Datta Dirgayusa - D1214023 - Fak. ISIP

Aplikasi LINE merupakan salah satu media dalam menyampaikan pesan. Pesan dalam aplikasi LINE dapat dikirim maupun diterima dengan lebih mendalam karena memiliki fitur media audio dan visual seperti stiker, pesan suara, dan pesan video. Penelitian ini menggunakan beberapa teori seperti teori komunikasi interpersonal, dan teori efektifitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Intensitas Komunikasi dengan Aplikasi LINE terhadap efektifitas komunikasi interpersonal, lalu hubungan Frekuensi Penggunaan Stiker pada Aplikasi LINE terhadap Efektifitas Komunikasi Interpersonal, serta pengaruh dan hubungan keduanya terhadap efektifitas komunikasi interpersonal.

            Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif yang menggunakan metode korelasional yang dilakukan pada mahasiswa dan mahasiswi Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta Angkatan 2014 dan 2015, dengan populasi sebanyak 156 orang dan 61 orang diantaranya menjadi sampel dengan teknik sampling acak sederhana. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan metode penyebaran kuesioner, lalu diolah dan dianalisis menggunakan analisis korelasional Spearman serta analisis regresi linier berganda.

            Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui variabel Intensitas Komunikasi dengan Aplikasi LINE dan variabel penggunaan stiker pada aplikasi LINE memiliki hubungan yang kuat terhadap variabel efektifitas komunikasi interpersonal, lalu kedua variabel tersebut memiliki pengaruh yang positif terhadap variabel efektifitas komunikasi interpersonal. Semakin tinggi intensitas komunikasi dengan aplikasi LINE dan penggunaan stiker pada aplikasi LINE, maka semakin tinggi pula efektifitas komunikasi interpersonal.

Kata Kunci: LINE, Intensitas Komunikasi, Efektifitas Komunikasi Interpersonal