Abstrak


Peningkatan Sikap dan Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Melalui Penerapan Model Example Non-Example Pada Siswa Kelas XI KP SMK Murni 1 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016


Oleh :
Kukuh Fajar Trawoco - K1212040 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) meningkatkan sikap siswa dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi dan (2) meningkatkan kemampuan menulis paragraf deskripsi dengan model Example Non-Example.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di SMK Murni 1 Surakarta. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Keperawatan (KP) SMK Murni 1 Surakarta. Sumber data penelitian ini adalah informan, peristiwa proses pembelajaran, dan dokumen. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, pemberian tes, dan analisis dokumen. Validitas data digunakan triangulasi, yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) model Example Non-Example dengan penggunaan media foto dan video dapat meningkatkan sikap siswa dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi dan kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa kelas XI KP SMK Murni 1 Surakarta. Peningkatan nilai sikap siswa dalam pembelajaran ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata sikap siswa pada siklus I = 14,66 (cukup); siklus II = 16,79 (baik) dan (2) peningkatan kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa ditandai dengan meningkatnya jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal. Pada siklus I nilai rata-rata kemampuan menulis teks negosiasi mencapai 72,98 dengan persentase ketuntasan sebesar 57,14%. Pada siklus II mencapai 79,52 dengan persentase ketuntasan 78,57%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Example Non-Example dengan penggunaan media foto dan video efektif digunakan pada pembelajaran menulis paragraf deskripsi.
Kata kunci: kemampuan menulis, menulis paragraf deskripsi, model Example Non-Example