Abstrak


Kualitas Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran Oleh Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar


Oleh :
Jayanti Kusumastuti - D0112049 - Fak. ISIP

ABSTRAK 

Jayanti Kusumastuti, D0112049. “KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN OLEH DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN KARANGANYAR” Skripsi. Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 2016, 96 halaman.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih adanya anak di Kabupaten Karanganyar yang belum memiliki akta kelahiran, sedangkan disisi lain Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar terus melakukan inovasi untuk meningkatkan pelayanan dalam pembuatan akta kelahiran. Tujuan skripsi ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan dalam pembuatan akta kelahiran oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar.

Penelitian ini mengguakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel adalah accidental sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis Service Quality (ServQual) dan diagram kartesius. Uji validitas dilakukan dengan Uji Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan teknik Cronbach’s Alpha.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pembuatan akta kelahiran oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar adalah baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan ServQual menunjukan selisih skor persepsi dan harapan adalah positif yaitu 0,61, hasil ini juga didukung dengan perhitungan melalui dimension by dimension analysis dengan empat (4) dimensi kualitas pelayanan bernilai positif dan tiga (3) negatif, serta item  by item analysis dengan sebelas (11) item/indikator berniali positif dan tujuh (7) negatif. Analisis diagram kartesius menunjukan bahwa mayoritas item/indikator berada pada kuadran B yaitu sebanyak sembilan (9) item/indikator dan kuadran D sebanyak lima (5) item/indikator serta pada kuadran A hanya terdapat empat (4) item/indikator. Hal ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan pembuatan akta kelahiran oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar adalah baik.

Kata Kunci : Akta Kelahiran, Kualitas Pelayanan, ServQual.