Abstrak


Implementasi Strategi Rebalance Toward Asia-Pacific Amerika Serikat Terhadap Filipina Pada Tahun 2011-201


Oleh :
Meilia Widad Angela - D0412029 - Fak. ISIP

ABSTRAK

MEILIA WIDAD ANGELA, NIM D0412029, judul skripsi IMPLEMENTASI STRATEGI REBALANCE TOWARD ASIA-PACIFIC AMERIKA SERIKAT TERHADAP FILIPINA PADA TAHUN 2011-2016, Program Studi Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena dimana pada tahun 2011 Presiden Obama mengumumkan perubahan arah kebijakan luar negeri Amerika Serikat yang akan difokuskan pada kawasan Asia-Pasifik, dikenal dengan strategi pivot atau rebalance toward Asia-Pacific. Strategi ini dirilis di tengah semakin menguatnya peran Tiongkok di kawasan Asia-Pasifik. Amerika Serikat melakukan berbagai pendekatan dalam mengimplementasikan strategi tersebut, termasuk dengan memperkuat hubungan dengan negara-negara aliansi, salah satunya adalah Filipina. Implementasi strategi rebalance terhadap Filipina menjadi topik utama yang dikaji dalam penelitian ini. Pendekatan yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif-analitis. Data dikumpulkan menggunakan teknik studi pustaka dan analisis data menggunakan analisa kualitatif yang terdiri dari tahap pengumpulan data, pengkatagorian, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Landasan teori yang digunakan dalam menganalisis permasalahan menggunakan teori stabilitas hegemoni dan teori balance of threat, dan konsep geopolitik. Adapun hasil dari penelitian ini adalah bahwa Amerika Serikat mengimplementasikan strategi rebalance terhadap Filipina melalui hampir semua aspek dalam kehidupan bernegara, seperti keamanan, ekonomi, sosial, dan politik. Aspek keamanan menjadi prioritas utama rebalance di Filipina. Amerika Serikat memanfaatkan keadaan geopolitik Filipina untuk kepentingannya di kawasan. Implementasi strategi rebalance di Filipina mencerminkan kebijakan strategis pemerintah Obama untuk mengelola penurunanrelatif hegemoni Amerika Serikat sekaligus untuk mengatasi ancaman maupun tantangan yang timbul terhadap kepentingan Amerika Serikat.

Kata Kunci : Amerika Serikat, Balance of Threat, Geopolitik, Filipina, Implementasi Strategirebalance, Stabilitas Hegemoni.