Abstrak


Sistem Monitoring Local Area Network Kabupaten Sukoharjo Berbasis PHP


Oleh :
Alex Darmawan - M3113011 - Fak. MIPA

ABSTRAK

Alex Darmawan. 2016. Pada sebuah perkantoran sudah pasti ada beberapa bahkan hampir semua ruang ada banyak alat elektronik yang memebangun kinerja para karyawan terutama komputer yang sangat membantu bagi para karyawan. Di perkantoran Kabupaten Sukoharjo terdapat beberapa gedung dan terdapat banyak komputer yang digunakan oleh karyawan untuk membantu kinerja karyawan. Namun ada juga karyawan yang menggunakan fasilitas komputer tersebut dengan sesuka hatinya dan admin yang berada di bagian PDE Kabupaten Sukoharjo hanya mengatur data bandwithnya saja dan tidak mengetahui kegunaan data bandwith yang akan digunakan karyawan tersebut. Maka admin akan sulit memantau kegiatan ataupun kegunaan dari setiap komputer yang ada di perkantoran Kabupaten Sukoharjo.

 

Aplikasi ini dibuat dengan cara merumuskan masalah yang ada kemudian meninjau apa yang telah dilakukan dan menganalisa aplikasi dan melakukan pengujian terhadap aplikasi. Dalam pembuatan aplikasi yang akan dipasang di komputer client di butuhkan aplikasi visual basic dengan bahasa basic untuk mencatat dan mengirim data komputer dan aktifitas ke server dengan menggunakan komponen Microsoft Internet Transfer Control pada visual bsic dan pada server dibuat aplikasi dengan menggunakan bahasa php untuk  menerima data dan menyimpan ke database, maka terbentuklah Sistem Monitoring Local Area Network Kabupaten Sukoharjo Berbasis PHP.

 

Sistem Monitoring Local Area Network Berbasis PHP. Sistem Monitoring merupakan sistem yang dapat mencatat kegiatan yang dilakukan oleh client dan mengirimkan data ke server. Sistem ini dapat memantau kegiatan dari komputer client dan juga memantau kegiatan yang dilakukan pengguna komputer tersebut atau disini merupakan karyawan. Sistem pada client di pasang dengan aplikasi yang sudah dibuat menggunakan Visual Basic yang berguna untuk mencatat dan mengirim ke server.

 

Kata kunci : Client, Monitoring, Server,  Visual Basic