Abstrak


Peran Jalur Evakuasi Dalam Menanggulangi Keadaan Darurat Pada PT. Efrata Retailindo


Oleh :
Wahid Sulaiman - F3513074 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

      Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi peran dari jalur evakuasi ketika terjadi kebakaran sehingga dapat meminimalkan dampak yang timbul dari kebakaran yang berupa kerugian materiil atau bagi tenaga kerja pada PT Efrata Retailindo.

       Desain Penelitian ini membahas mengenai pentingya kesehatan dan keselamatan kerja yang ada di PT Efrata Retailindo. Namun khusus membahas mengenai jalur evakuasi pada perusahaan agar memenuhi kriteria dan prosedur dari kesehatan dan keselamatan kerja. Data penelitian dalam penelitian ini menggunakan hanya menggunakan data  primer  Metode  pengumpulan  data  menggunakan wawancara  dan  observasi.

      Hasil penelitian yang dilakukan pada PT Efrata Retailindo sudah terdapat jalur evakuasi yang berfungsi sebagai sarana penyelamatan dalam keadaan kebakaran. Namun,  pada jalur tersebut belum layak karena kurangnya alat-alat dan rambu-rambu yang memberikan petunjuk mengenai fungsi jalur evakuasi. Kurangnya penyuluhan dan simulasi penggunaan jalur evakuasi akan menimbulkan kerugian bagi perusahaan.

      Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka peneliti memberikan saran untuk perusahaan segera membenahi jalur evakusi dengan memasang rambu-rambu dan melengkapi alat-alat keselamatan bagi tenaga kerja. Selanjutnya perusahaan harus melakukan simulasi yang tak terduga agar semua orang merasa siap ketika terjadi kebakaran yang sesungguhnya.

 

Kata Kunci: Jalur evakuasi