Abstrak


Peran Customer Service Dalam Membantu Meningkatkan Citra Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta


Oleh :
Qoriah Nur Wijayanti - D1613077 - Fak. ISIP

ABSTRAK 

QORIAH NUR WIJAYANTI, D1613077, HUMAS, PERAN CUSTOMER SERVICE DALAM MEMBANTU MENINGKATKAN CITRA RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH SURAKARTA, 2016

Latar belakang yang mendasari tugas akhir ini adalah rasa keingintahuan penulis mengenai peran customer service dalam membantu meningkatkan citra rumah sakit PKU Muhammadiyah Surakarta. Penulis memilih Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta sebagai kegiatan magang dikarenakan Rumah Sakit ini merupakan suatu perwujudan dari Iman dan Amal Sholeh kepada Allah SWT serta menjadikan sebagai sarana ibadah, selain itu rumah sakit PKU Muhammadiyah Surakarta juga peduli dengan kesehatan perempuan. Seperti yang menjadi konsep dari rumah sakit PKU Muhammadiyah Surakarta yaitu kebidanan Rumah sakit PKU Muhammadiyah Surakarta merupakan rumah sakit swasta dengan tipe B. Peranan public relations dalam perusahaan sangat penting yaitu berupaya menjaga citra, baik terhadap lembaga atau organisasi yang diwakilinya. Disamping itu public relations juga harus dapat menjaga kondisi kerja diperusahaannya agar tidak tercipta masalah atau krisis dari internal. Maka dari itu peranan customer service juga sangatlah penting. Agar dapat menciptakan image yang baik kepada konsumen ketika pertama datang ke rumah sakit. Pengertian citra atau image menurut Bill Canton dalam Sukatendel (1990) adalah kesan, perasaan, gambaran diri public terhadap perusahaan, kesan yang dengan sengaja diciptakan dari suatu objek, orang atau organisasi. Karena citra merupakan salah satu aset terpenting dari suatu perusahaan. Keberadaan customer service di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta sangat efektif yaitu seperti dalam menangani setiap keluhan dari masyarakat, memberi informasi kepada masyarakat, bahkan dengan adanya customer service kepercayaan dari masyarakat semakin cukup meningkatkan. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya jumlah pasien dari tahun ke tahun.

Penulis melakukan kegiatan magang di devisi bagian humas dan customer service. Waktu pelaksanaan magang pada periode 10 Februari – 11 April 2016 di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta yang berlokasi di Jl. Ronggowarsito No. 130 Surakarta. Adapun kegiatan yang telah dilakukan penulis yaitu dokumentasi media, customer service, dan kehumasan.

Seorang customer service harus mempunyai passion dimana harus lebih respect to people menghargai orang dan bisa berempati. Yang menjadi saran dari penulis untuk rumah sakit yaitu mengenai fasilitas yang ada harus digunakan dengan sebaik mungkin bila perlu dilengkapi agar memudahkan pasien dalam berobat juga memudahkan petugas dalam melayani pasien.

 

(Kata kunci : peran customer service, citra, dan rumah sakit pku muhammadiyah