Abstrak


Pembuatan Game Selamatkan Hutanku Berbasis Android


Oleh :
Fajar Faisal Ahmad - M3112052 - Fak. MIPA

ABSTRAK 

Android merupakan sistem operasi untuk aplikasi mobile berbasis Linux. Sistem operasi Android ini di keluarkan oleh Google untuk menyaingi Windows, Apple dan pesaing-pesaingnya. Android itu  sendiri adalah sebuah aplikasi open source yang memungkinkan untuk pengguna membuat sendiri dan mengembangkan aplikasi di dalamnya.

Game edukasi sangat menarik untuk dikembangkan. Ada beberapa kelebihan dari game edukasi dibandingkan dengan game lain. Salah satu kelebihan utama game edukasi adalah pada visualisasi dari permasalahan nyata. Oleh karena itu penulis melakukan pembuatan game bersifat edukasi yang berjudul Pembuatan Game Selamatkan Hutanku. Metode penelitian yang di gunakan berupa studi pustaka dengan mempelajari dokumen yang berkaitan dengan penelitian yang dibuat. Pembuatan game ini menggunakan  game engine  Unity 3D dengan bahasa pemrograman C# dan beberapa software desain seperti CorelDraw X5.

Tujuan dari penelitian ini yaitu membuat aplikasi game dengan tema game lingkungan dan juga memperkenalkan game Indonesia kepada pengguna perangkat berbasis Android. Penelitian ini menghasilkan game dengan judul “Selamatkan Hutanku” yang dapat dijalankan  dibeberapa device android dan dapat memberikan informasi tentang keadaan lingkungan.

 

Kata Kunci : Android, Game, Unity 3D