;

Abstrak


Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Visualisasi Situs Candi Dieng untuk Meningkatkan Sikap Kesejarahan Siswa SMA Negeri Rumbia


Oleh :
Rulianto - S861408044 - Sekolah Pascasarjana

ABSTRAK
 
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui penerapan media pembelajaran sejarah yang selama ini di gunakan di SMA Negeri 1 Rumbia. 2) Mengetahui Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Visualisasi Situs Candi Dieng Untuk Meningkatkan Sikap Kesejarahan Siswa SMA Negeri 1 Rumbia. 3) mengetahui efektivitas media Pembelajaran Sejarah Berbasis Visualisasi Situs Candi Dieng Untuk Meningkatkan Sikap Kesejarahan Siswa SMA Negeri 1 Rumbia. 
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini terdiri dari 3 tahap di antaranya adalah 1) tahap studi pendahuluan, 2) tahap pengembangan media, dan 3) tahap efektivitas media, tahap ini merupakan tahap terakhir untuk menguji keefektifan media yaitu dengan menggunakan tes yang terdiri dari Pre-Test dan Post-Test. 

Penelitian dan pengembangan (Research & Development) ini mengacu pada metode penelitian dan pengembangan dari Borg andGorl serta Sugiyono. Model hepotetik yang digunakan mengadopsi model ADDIE dari Molenda. Tahapan dalam penelitian ini meliputi studi pendahuluan, pengembangan media pembelajaran, dan uji efektivitas media pembelajaran. Analisis data kelayakan media menggunakan skala Likert dengan rentang 5 dan uji efektivitas media pembelajaran menggunakan uji T. Berdasarkan hasil uji T pree-tes dan post-tes tes prestasi kelas eksperimen diperoleh nilai  6,105 dengan signifikasnsi 0,000 > 0,05, artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap media yang dikembangkan.  Uji T untuk tes sikap kemampuan berpikir historis siswa diperoleh nilai 5,222 dengan taraf signifikansi  0,000 > 0,05 yang berarti rerata sebelum dan sesudah perlakuan kelas eksperimen tidak sama. Dengan demikian media pembelajaran sejarah berbasis visualisasi situs candi Dieng yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan prestasi dan sikap kesejarahan siswa.

Kata Kunci : Media Visualisasi, Sikap Kesejarahan, Situs Candi Dieng