Abstrak


Prosedur Pemberian Bantuan Teknis Bank Indonesia Kepada Klaster Berbasis Komoditas Unggulan Untuk Meningkatkan Akses Kredit Perbankan Di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo


Oleh :
Desy Linda Suraya Putri - D1513018 - Fak. ISIP

ABSTRAK 

Desy Linda Suraya Putri. D1513018.  PROSEDUR PEMBERIAN BANTUAN TEKNIS BANK INDONESIA KEPADA KLASTER BERBASIS KOMODITAS UNGGULAN UNTUK MENINGKATKAN AKSES KREDIT PERBANKAN DI KANTOR PERWAKILAN BANK INDONESIA SOLO. Tugas Akhir. Program Studi Diploma III Manajemen Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret. Tahun 2016. 65 halaman.

 

UMKM merupakan pendorong ekonomi Indonesia yang sangat berpengaruh,  tahun 2014 menyumbang Pendapatan Domestik Bruto (PDB) sebanyak 57,93 persen dari total PDB 2014 sebesar Rp10,4 triliun. Akan tetapi UMKM masih terkendala masalah pemodalan sehingga tidak mampu bersaing. Hal ini disadari Bank Indonesia dengan mengeluarkan program bantuan teknis Bank Indonesia kepada klaster (kumpulan UMKM) berbasis komoditas unggulan yang dilakukan oleh setiap kantor perwakilan salah satunya kantor perwakilan Bank Indonesia Solo. Tujuan dari pengamatan ini adalah untuk mendeskripsikan prosedur pemberian bantuan teknis kepada klaster berbasis komoditas unggulan untuk meningkatkan akses kredit perbankan.

 

Jenis pengamatan adalah deskriptif. Lokasi pengamatan di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo pada Unit Akses Keuangan dan UMKM. Sumber data yang diperoleh berdasarkan informan dan dokumen. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dengan karyawan, observasi, dokumentasi dan studi pustaka.

 

Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan di kantor perwakilan Bank Indonesia Solo disimpulkan bahwa prosedur pemberian bantuan teknis dimulai dari pemilihan klaster, identifikasi masalah, identifikasi kebutuhan teknis, pelaksanaan pemberian bantuan teknis, sampai monitoring dan evaluasi.

Kata kunci : bantuan teknis Bank Indonesia, klaster