Abstrak


Evaluasi Kebutuhan Air Bersih Tahun 2026 di Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar


Oleh :
Dewangga Adi Nugraha - I8712012 - Fak. Teknik

Air mempunyai peranan penting dalam kehidupan manusia dan makhluk hidup yang lain. Tanpa air tidak akan ada kehidupan di muka bumi, seperti kebutuhan air baku untuk berbagai keperluan terutama air bersih untuk kebutuhan rumah tangga, tempat – tempat umum, industry dll. Dalam penyediaan air bersih harus memenuhi persyaratan kualitas, kuantitas, dan syarat baku mutu air.
Jenis Penelitian ini adalah deskripsi kuantitatif. Studi untuk mengetahui produksi air minum dari PDAM Kabupaten Karanganyar dan mengetahui kebutuhan air bersih di Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah jumlah penduduk Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar, data debit air yang ada menurut Unit Wilayah di Kabupaten Karanganyar. Bertujuan mengetahui hasil prediksi jumlah penduduk dan menurut metode yang digunakan untuk mengetahui hasil prediksi kebutuhan air pada tahun 2026.
Penelitian ini menunjukkan pada tahun 2015 jumlah penduduk sebanyak 60.182 jiwa dan prediksi jumlah penduduk pada tahun 2026 sebanyak 137.420 jiwa, serta prediksi kebutuhan air pada tahun 2015 sebesar 147,257 lt/dt dan pada tahun 2026 sebesar 237,771 lt/dt.
Hasil perhitungan pada Rancangan Anggaran Biaya (RAB) pemasangan pipa meter baru (SR) di Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar adalah sebesar Rp.2.008.000,-
Kata Kunci : Prediksi Jumlah Penduduk, Prediksi Kebutuhan Air