Abstrak


Pengaruh Penambahan Biodiesel Pada Bahan Bakar Solar dan Pemanasan Bahan Bakar Melalui Pipa Bersirip Radial di Dalam Upper Tank Radiator Terhadap Torsi dan Daya Pada Mobil Mitsubishi L300


Oleh :
Yusuf Wijaya - K2512074 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah menyelidiki (1) Pengaruh penambahan biodiesel pada bahan bakar solar terhadap torsi pada mobil Mitsubishi L300. (2) Pengaruh penambahan biodiesel pada bahan bakar solar terhadap daya pada mobil Mitsubishi L300. (3) Pengaruh pemanasan bahan bakar melalui pipa bersirip radial di dalam upper tank radiator terhadap torsi pada mobil Mitsubishi L300. (4) Pengaruh pemanasan bahan bakar melalui pipa bersirip radial di dalam upper tank radiator terhadap daya pada mobil Mitsubishi L300. (5) Pengaruh penambahan biodiesel pada bahan bakar solar dan pemanasan bahan bakar melalui pipa bersirip radial di dalam upper tank radiator terhadap torsi pada mobil Mitsubishi L300. (6) Pengaruh penambahan biodiesel pada bahan bakar solar dan pemanasan bahan bakar melalui pipa bersirip radial di dalam upper tank radiator terhadap daya pada mobil Mitsubishi L300.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif. Sampel pada penelitian ini adalah mobil Mitsubishi L300 dan alat uji menggunakan dynotest 1200 AWD. Variasi campuran bahan bakar solar dengan kadar biodiesel 0%, 5%, 10%, 15%, 20%, 25%, dan 30%. Variasi sirip radial dengan jarak antar sirip 30 mm, 20 mm, dan 10 mm.

Hasil penelitian sebagai berikut (1) Terdapat pengaruh penambahan biodiesel pada bahan bakar solar terhadap torsi pada mobil Mitsubishi L300. Torsi tertinggi diperoleh pada campuran bahan bakar 30%. (2) Terdapat pengaruh penambahan biodiesel pada bahan bakar solar terhadap daya pada mobil Mitsubishi L300. Daya tertinggi diperoleh pada campuran bahan bakar 30%. (3) Terdapat pengaruh pemanasan bahan bakar melalui pipa bersirip radial di dalam upper tank radiator terhadap torsi pada mobil Mitsubishi L300. Torsi tertinggi diperoleh pada penggunaan radiator dengan pipa bersirip radial jarak 20 mm. (4) Terdapat pengaruh pemanasan bahan bakar melalui pipa bersirip radial di dalam upper tank radiator terhadap daya pada mobil Mitsubishi L300. Daya tertinggi diperoleh pada penggunaan radiator dengan pipa bersirip radial jarak 20 mm. (5) Terdapat pengaruh penambahan biodiesel pada bahan bakar solar dan pemanasan bahan bakar melalui pipa bersirip radial di dalam upper tank radiator terhadap torsi pada mobil Mitsubishi L300. Torsi tertinggi diperoleh pada penambahan biodiesel kedalam bahan bakar solar 20% dan penggunaan radiator dengan pipa bersirip radial jarak 10 mm. (6) Terdapat pengaruh penambahan biodiesel pada bahan bakar solar dan pemanasan bahan bakar melalui pipa bersirip radial di dalam upper tank radiator terhadap daya pada mobil Mitsubishi L300. Daya 

tertinggi diperoleh pada penambahan biodiesel ke dalam bahan bakar solar 20% dan penggunaan radiator dengan pipa bersirip radial jarak 20 mm.

Kata Kunci: Biodiesel, solar, pipa bersirip radial, torsi dan daya, mesin diesel