Abstrak


Persepsi Karyawan Terhadap Implementasi Program Diklat Karyawan PT Aksara Solopos Surakarta


Oleh :
Aish Nurul Afifah - K7408171 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1)Mengetahui bagaimana pelaksanaan program diklat di PT Aksara Solopos, (2)Mengetahui bagaimana persepsi karyawan tentang pelaksanaan program diklat di PT Aksara Solopos, (3)Mengetahui bagaimana pelaksanaan program diklat yang baik menurut persepsi karyawan PT Aksara Solopos.

 Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif berbentuk deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian studi kasus, dengan strategi tunggal terpancang. Teknik cuplikan yang digunakan adalah purposive sampling dan snowball sampling. Sumber data yang digunakan adalah informan, lokasi dan dokumen. Validitas data dengan menggunakan trianggulasi data. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Pelaksanaan program diklat di PT Aksara Solopos menggunakan metode on the job training, vestibule training, dan program magang. Frekuensi pelaksanaannya tidak rutin dan menggunakan materi yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Penilaian kinerja setelah diklat dilakukan oleh atasan masing-masing bagian kerja. Umpan balik yang diberikan berupa pengembangan pengetahuan dan keterampilan dalam bekerja, dan pemberian fasilitas dari perusahaan untuk diikutkan pada diklat selanjutnya. (2)Persepsi karyawan terhadap manfaat diklat yaitu dapat meningkatkan kemampuan, pengetahuan, keterampilan, menambah pengalaman dan wawasan karyawan. Karyawan menganggap frekuensi diklat perlu diselenggarakan secara rutin, meskipun ada yang menilai cukup diselenggarakan sesuai kebutuhan perusahaan. Materi yang diberikan, disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Pengulangan materi dinilai sebagai penguatan terhadap materi sebelumnya dan cenderung diperlukan untuk bidang kerja tertentu. Instruktur dianggap baik dalam menggali potensi peserta, namun masih kurang cakap membimbing, memberi petunjuk dan berkomunikasi. Karyawan mengganggap bahwa perusahaan benar-benar memperhatikan karyawannya untuk meningkatkan kemampuan, pengetahuan, dan keterampilan, dengan memberikan umpan balik berupa pengikutsertaan pada diklat selanjutnya. (3)Frekuensi pelaksanaan diklat yang baik menurut persepsi karyawan PT Aksara Solopos yaitu perlu dilaksanakan secara rutin. Materi diklat yang baik adalah materi yang sudah pernah diterapkan oleh trainer, materi yang memberi karyawan pengalaman menangani berbagai macam kasus, dan pemberian motivasi dalam penyampaian materi. Umpan balik yang baik adalah berupa pemberian bonus dan pertimbangan kenaikan upah maupun promosi jabatan.

Kata Kunci    : persepsi, diklat