Abstrak


Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran Sejarahkelas XI SMA Negeri 1 Girimarto Wonogiri Tahun Pelajaran 2015 / 2016


Oleh :
Maretha Christiana Wahyudiati - K4408060 - Fak. KIP

Tujuan dalam penellitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Girimarto, dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think Pair Share (TPS).
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan evaluasi-refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI 01SMA Negeri 1 Girimarto yang berjumlah 30 siswa. sumber data berasal dari guru, siswa dan proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, angket, tes, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan teknik triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Prosedur penelitian menggunakan model PTK Siklus yang dikembangkan oleh Arikunto (Planning, Action, Observing, Reflecting).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) penerapan model Pembelajaran melalui metode Think Pair Share dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas XI 01 SMA Negeri 1 Girimarto tahun ajaran 2015/2016. Hal ini dapat dilihat dari hasil persentase ketercapaian indikator dalam angket aktivitas siswa. Pada prasiklus rata-rata ketercapaian 24,58% sedangkan siklus I rata-rata ketercapaian sebesar 67,49% dan pada siklus II meningkat menjadi 89,51% perolehan ini telah melampaui target yang ditetapkan yaitu 80%; (2) penerapan model pembelajaran kooperatif melalui metode Think Pair Share dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. hal ini dapat dilihat dari ketuntasan nilai hasil tes kognitif, pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 63,33% dan pada siklus II menjadi 83,33%, hasil ini telah melampaui target yang ditetapkan yaitu 80%.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada pelajaran sejarah kelas XI SMA Negeri 1 Girimarto Tahun Pelajaran 2015 / 2016
Kata kunci: model pembelajaraan kooperatif, Think Pair Share, aktivitas, prestasi belajar, pelajaran sejarah.