Abstrak


Pengaruh Board Diversity Terhadap Bank Performance (Studi pada Perbankan Go Public di ASEAN)


Oleh :
Regia Nurul Izdihar Puspitasari - F0212090 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK
Keanekaragaman board merupakan salah satu isu yang terkait dengan tata kelola perusahaan. Keanekaragaman board mempengaruhi komposisi board yang akan mempengaruhi implementasi tata kelola perusahaan. Dalam literatur tata kelola perusahaan, diversitas board sering disebut dapat meningkatkan keefektifan board dan pengawasan, serta akan meningkatkan nilai perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh board diversity (gender, nationality, age dan education) terhadap bank performance (ROA dan Tobin’s Q) pada perbankan go public di ASEAN. Penelitian ini menggunakan metode analisis data regresi berganda atau multiple regression. Pengambilan sampel menggunakan purposive sample dengan jumlah sampel sebanyak 245 bank di enam negara di ASEAN periode 2010-2014.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proporsi board wanita pada variabel gender tidak berpengaruh terhadap bank performance, proporsi board asing berpengaruh negatif signifikan terhadap ROA namun tidak berpengaruh terhadap Tobin’s Q, usia pada board berpengaruh negatif signifikan terhadap ROA namun tidak berpengaruh terhadap Tobin’s Q, dan tingkat pendidikan board tidak berpengaruh  terhadap bank performance.

Kata kunci: board diversity, tata kelola perusahaan, bank performance, perbankan go public