Abstrak


Kegiatan Eksternal Public Relations dalam Meningkatkan Citra Lorin Solo Hotel


Oleh :
Paramitha Dessi Priyana - D1213055 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Kegiatan eksternal Public Relations dalam meningkatkan citra Lorin Solo Hotel. Mulai dari Media Relations sebagai contoh pembuatan rilis. Setiap akan diadakan acara atau kegiatan seorang Public Relations akan membuat rilis tentang kegiatan tersebut dan setelah itu rilis tersebut dikirimkan ke berbagai media cetak seperti Solopos, Joglosemar, Koran Sindo, Bisnis Indonesia dan sebagainya yang di kirimkan melalui fax.
Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan Skripsi ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu metode yang memahami fenomena yang terjadi kemudian berusaha menganalisa dan menjelaskan fenomena dengan gambaran yang tidak berupa angka. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. dan untuk menguji data dilakukan tringulasi sumber data.
Berdasarakan hasil penelitian diketahui kegiatan eksternal yang dilakukan Public Relations Lorin Solo Hotel dalam meningkatkan Citra Lorin Solo Hotel. Hal ini terlihat dari kemampuannya dalam membangun image positif, mampu menjaga eksistensi perusahaan dengan menjalin hubungan lebih baik dengan publik. Selain itu Lorin juga lebih meningkatkan dan memperbanyak bagaimana mengkomunikasikan dengan cara media relations yaitu seperti konferensi pers, rilis, special event dsb.
Saran yang dapat penulis sampaikan kepada Lorin Solo Hotel adalah perlu adanya koordinasi antara divisi satu dengan lainnya. Hal ini ditujukan agar tersusunnya kegiatan yang akan diselenggarakan dengan terencana dan tentu saja berjalan dengan lancar yang memuaskan klien Lorin Solo Hotel.

Kata kunci: Komunikasi, Public Relations, Kegiatan Eksternal