Abstrak


Penerapan Pendekatan Bermain untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lari Cepat pada Siswa Kelas IX F SMP Negeri 3 Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/1016


Oleh :
Pandu Siawan - K5610062 - Fak. KIP

ABSTRAK

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lari cepat melalui penerapan pendekatan bermain pada siswakelas IX F SMP Negeri 3 Sukoharjo tahun pelajaran 2015 / 2016.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX F SMP Negeri 3 Sukoharjo yang berjumlah 32 peserta didik yang terdiri dari 14 peserta didik putri dan 18 peserta didik putra. Sumber data berasal dari guru, peserta didik dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, penilaian dan dokumentasi atau arsip.Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar lari cepat dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Dataprasiklusmenunjukkandari 36siswa, sebanyak 8siswaatau 25 % sudah masuk kriteria tuntas. Dari hasilanalisis yang diperolehpeningkatanhasilbelajarlaricepatSiklus I dari 36siswa, sebanyak 20siswaatau62,50 % sudah masuk kriteria tuntas. Hasil siklus 2 menunjukkanpeningkatan yang signifikan, yaitudari 36 siswasebanyak 26siswaatau 81,25 % sudah masuk kriteria tuntas.
Simpulan penelitian ini adalah dengan penerapan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar lari cepat padasiswa kelas IX F SMP Negeri 3 Sukoharjo tahun pelajaran 2015 / 2016.

Kata Kunci: hasilbelajarlari cepat, penerapan pendekatan bermain.