Abstrak


Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Komite Audit, dan Kepemilikan Negara Terhadap Konservatisme Akuntansi (Studi Kasus Perusahaan BUMN go public yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2014)


Oleh :
Vika Astried Permatasari - F.0312120 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, komite audit, dan kepemilikan negara terhadap konservatisme akuntansi pada perusahaan BUMN go public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010 sampai 2014. Konservatisme akuntansi diukur dengan menggunakan market to book ratio. Perusahaan dengan market to book ratio lebih besar dari 1 menunjukkan penerapan konservatisme akuntansi pada perusahaan.
Penelitian ini menggunakan sampel 75 perusahaan pada BUMN go public pada tahun 2010 sampai 2014. Sampel diambil menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah model analisis regresi linier berganda yang dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 21.00.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama kepemilikan manajerial, komite audit, dan kepemilikan negara berpengaruh terhadap konservatisme akuntansi. Secara parsial, kepemilikan manajerial berpengaruh negatif terhadap konservatisme akuntansi, komite audit berpengaruh negatif terhadap konservatisme akuntasi dan kepemilikan negara berpengaruh negatif terhadap konservatisme akuntansi.
Kata kunci: kepemilikan manajerial, komite audit, kepemilikan negara, good corporate governance, konservatisme akuntansi.