Abstrak


Analisis Hubungan Praktik Manajemen Sumberdaya Manusia Dan Keunggulan Kompetitif Dengan Person-Organization Fit Sebagai Pemediasi


Oleh :
Budi Satrio - F1214018 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Penelitian ini termasuk kedalam penelitian pengujian hipotesis guna menguji; hubungan praktik manajemen sumberdaya manusia dan keunggulan kompetitif, dan  hubungan praktik manajemen sumberdaya manusia dan keungulan kompetitif yang di mediasi oleh person-organization fit. Penelitian ini dilakukan pada karyawan perusahaan percetakan PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri dan PT. Wangsa Jatra Lestari Surakarta, diambil dengan metode purposive sampling. Kriteria responden dalam penelitian ini adalah karyawan dengan masa kerja lebih dari 2 tahun.

Penelitian ini menggunakan analisis regresi yaitu path analysis. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa praktik manajemen sumberdaya manusia berhubungan positif dengan keunggulan kompetitif perusahaan, dan hunbungan praktik manajemen sumberdaya manusia dan keunggulan kompetitif perusahaan dimediasi oleh person-organization fit.

Studi ini memiliki keterbatasan yang meliputi jumlah sampel, tidak adanya variabel kontrol yang dapat menjelaskan secara lebih detail perbedaan dari karakteristik responden, dan terjemahan dari kuesioner yang berbahasa asing yang dimungkinkan kurang menjiwai dari sumber aslinya.

Kata Kunci:Praktik manajemen sumberdaya manusia, keunggulan kompetitif, person-organization fit