Abstrak


Komparasi Metode Numbered Head Together (NHT) dan Metode Two Stay Two Stray (TSTS) Serta Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016


Oleh :
Burhan Syahalla - K8412012 - Fak. KIP

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan penggunaan metode Numbered Head Together dan metode Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar sosiologi siswa (2) pengaruh penggunaan metode Numbered Head Together dan metode Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar sosiologi siswa (3) seberapa besar pengaruh metode Numbered Head Together dan metode Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar sosiologi siswa.
Penelitian ini dilakukan pada kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Boyolali. Penelitian ini termasuk penelitian kausal komparatif dengan bentuk eksperimen semu. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 2 Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016. Sampel penelitian sebanyak dua kelas diambil dengan teknik Multistage Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis SPSS Versi 21. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada perbedaan penggunaan metode Numbered Head Together dan metode Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Boyolali tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan rata-rata metode Numbered Head Together sebesar 72,965 dan rata-rata metode Two Stay Two Stray sebesar 79,172 dengan selisih dari kedua metode sebesar 3.634, dan ρ = 0.001 (signifikan). (2) ada pengaruh penggunaan metode Numbered Head Together dan metode Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Boyolali. Hasil analisis ini menunjukkan F = 13,204 dengan ρ = 0.001 (Sangat Signifikan). (3) besar pengaruh metode Numbered Head Together dan metode Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar sosiologi siswa kelas XI IPS sebesar 8%.
Kesimpulan penelitian adalah ada perbedaan penggunaan metode Numbered Head Together dan metode Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Boyolali. Nilai rata-rata kelas yang menggunakan metode Two Stay Stwo Stray lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelas Numbered Head Together. Metode belajar memberikan pengaruh terhadap hasil belajar sosiologi yaitu sebesar 8%, sedangkan 92% di pengaruhi faktor lain.
Kata Kunci : komparasi, metode numbered head together, metode two stay two stray