Abstrak


Peningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan Melalui Pembelajaran Aktif Card Sort Pada Kelompok A TK Ar-Rohmah Wirun Mojolaban Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016


Oleh :
Fitria Andriyani - K8112030 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran melalui Pembelajaran AktifCard Sortpada anak kelompok A TK Ar-Rohmah Wirun Mojolaban Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016 dan meningkatkan pemahaman konsep bilangan melalui Pembelajaran AktifCard Sortpada anak kelompok A TK Ar-Rohmah Wirun Mojolaban Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok A TK Ar-Rohmah Wirun Mojolaban Sukoharjo yang berjumlah 25 anak. Sumber data berasal dari guru dan anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes unjuk kerja. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui Pembelajaran AktifCard Sortdapat meningkatkan kualitas proses pembelajaranpemahaman konsep bilangan anak kelompok A TK Ar-Rohmah Wirun Mojolaban Sukoharjodan meningkatkan pemahaman konsep bilangan dari prasiklus ke siklus I, dan dari siklus I ke siklus II. Ketuntasan anak secara klasikal dalam pemahaman konsep bilangan pada prasiklus adalah sebesar 32% atau 8 anak yang mencapai kriteria tuntas. Peningkatan terjadi pada siklus I yaitu 52% atau 13 anak mencapai kriteria tuntas dalam pemahaman konsep bilangan. Dilanjutkan ke siklus II ketuntasan anak secara klasikal dalam mengenal konsep bilangan meningkat menjadi 84% atau 21 anak mencapai kriteria tuntas.
Simpulan penelitian ini adalah melalui Pembelajaran AktifCard Sortdapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran pemahaman konsep bilangan pada anak kelompok A TK Ar-Rohmah Wirun Mojolaban Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016 dan dapat meningkatkan pemahaman konsep bilangan melalui Pembelajaran AktifCard Sort pada anak kelompok A TK Ar-Rohmah Wirun Mojolaban Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016.
Kata kunci : konsep bilangan, Pembelajaran Aktif Card Sort, kualitas proses pembelajaran