Abstrak


Pengaruh Paparan Gas NOx Terhadap Kapasitas Vital Paru pada Pedagang Kuliner di Depan Pusat Grosir Solo dan Pasar Buku Sriwedari Surakarta


Oleh :
Muhammad Iqbal - R.0212031 - Fak. Kedokteran

LatarBelakang :Nitrogen oksida(NOx) di udara merupakan gas beracun dan berbahaya apabila terhirup oleh manusia, yang salah satunya dihasilkan oleh emisi gas buang kendaraan bermotor. Setelah bereaksi dengan atmosfir zat ini membentuk partikel-partikel nitrat yang amat halus yang dapat menembus bagian terdalam paru-paru.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Paparan Gas NOx terhadap Kapasitas Vital Paru pada Pedagang Kuliner di Depan Pusat Grosir Solo dan Pasar Buku Sriwedari Surakarta.
Metode :Penelitian ini merupakan penelitian Observasional Analitik dengan pendekatan Cross Sectional, dengan sampel penelitian 41 pedagang kuliner wanita. Teknik Sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling.Pengumpulan data dilakukan dengan mengukur kadar NOx di udara menggunakan Portable Combustion Gas Analyzer IMR dan mengukur kapasitas vital paru dengan Spirometer. Analisis yang digunakan adalah uji statistik non-parametrik Mann Whitney untuk menguji pengaruh antara paparan NOx di udara dengan kapasitas vital paru.
Hasil :Hasil penelitian dari 41responden yang diteliti menunjukkan 34,1% responden memiliki kapasitas vital paru normal dan 65,9% mengalami penurunan kapasitas vital paru. Rerata usia responden 38,39 tahun. Rerata status gizi responden 24,36 atau mengalami kegemukan. Hasil pengukuran NOx di area kuliner di depan pusat grosir solo 75,93 ug/mg dan di pasar buku sriwedari 58,83 ug/mg. Hasil uji Mann Whitney menunjukan tidak ada pengaruh yang signifikan dengan nilai p value = 0,234
Simpulan :Tidak terdapat Pengaruh Paparan Gas NOxterhadapKapasitas Vital Paru pada Pedagang Kuliner di Depan Pusat Grosir Solo dan Pasar Buku Sriwedari Surakarta.
Kata Kunci :NOx, kapasitas vital paru, pedagangkuliner, pedagangbuku.