Abstrak


Ekstraksi Asbuton Butir Dengan Metode Asbuton Emulsi Ditinjau Dari Waktu Mixing Fase Padat Menggunakan Emulgator Texapon dan Grinder Tipe MB 60


Oleh :
Ponco Setiawan Raharjo - I0112113 - Fak. Teknik

Pemanfaatan asbuton masih terbatas pada bentuk butiran. Kandungan dalam asbuton butir masih berupa aspal dan campuran mineral lain. Cara untuk mengetahui kandungan aspal dalam asbuton butir adalah ekstraksi dengan metode emulsi.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan waktu mixing fase padat terhadap kadar aspal emulsi, hubungan waktu mixing fase padat terhadap kadar air dan mengetahui karakteristik asbuton emulsi. Penelitian ini dilakukan dengan membuat asbuton emulsi lalu diekstraksi hingga asbuton emulsi halus terpisah dengan yang kasar. Fase padat terdiri dari asbuton butir, bensin lalu dicampur menggunakan mixer modifikasi dengan variasi waktu 1, 2, 3, 4, 5 menit. Fase cair terdiri dari texapon, air aquades dan asam klorida. Kemudian dilakukan pengujian kelarutan, kadar air, dan karakteristik asbuton emulsi.

Hasil analisis dari uji kelarutan, dengan waktu mixing fase padat 3 menit, didapat kadar asbuton emulsi sebesar 96,67 %. Dari analisis hasil uji kadar air didapat hubungan antara waktu mixing fase padat dengan kadar air yaitu semakin lama waktu mixing fase padat maka kadar air akan semakin meningkat. Dari hasil uji karakteristik asbuton emulsi didapat nilai penetrasi berkisar 3,2 dmm, titik lembek 90,5oC,berat jenis 1,403 gr/cc, titik nyala, dan bakar 335oC dan 348oC, uji kelekatan 99,5% dan kelarutan 70,5%.

Kata kunci: Ekstraksi, Asbuton emulsi, Mixing, emulgator.