Abstrak


Peningkatan Pemahaman Konsep Energi Panas dan Bunyi Menggunakan Modul Berbasis Eksperimen pada Siswa Kelas IV SD Negeri Mangkuyudan No.2 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016


Oleh :
Arie Nur Pratiwi - K7112030 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep energi panas dan bunyi menggunakan modul berbasis eksperimen pada siswa kelas IV SD Negeri Mangkuyudan No.2 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model siklus yang berupa kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas.
Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Dalam setiap siklus terdapat empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Mangkuyudan No.2 Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 19 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan teknik validitas isi dan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif, teknik analisis kritis, dan teknis analisis interaktif.
Berdasarkan hasil penelitian, diketahuai bahwa pemahaman konsep energi panas dan bunyi meninggkat dengan menggunakan modul berbasis eksperimen pada siswa kelas IV SD Negeri Mangkuyudan No.2 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata tes pemahaman konsep energi panas dan bunyi pada setiap siklusnya. Pada pratindakan nilai rata-rata pemahaman konsep energi panas dan bunyi sebesar 60,4 dengan ketuntasan klasikal 11, 43% atau sebanyak 4 siswa dari 35 siswa tuntas. Pada siklus I, nilai rata-rata mencapai75,5 dengan ketuntasan klasikal 60% atau sebanyak 21 siswa dari 35 siswa tuntas. Pada siklus II nilai rata-rata menjadi 81,87 dengan ketuntasan klasikal 85,7% atau sebanyak 30 siswa dari 35 siswa tuntas mencapai KKM yang telah ditentukan yaitu 72.
Simpulan penelitian ini adalah pemahaman konsep energi panas dan bunyi dapat meningkat melalui penggunaan modul berbasis eksperimen pada siswa kelas IV SD Negeri Mangkuyudan No.2 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016.
Kata kunci: pemahaman, konsep energi panas dan bunyi, modul berbasis eksperimen