Abstrak


Kapabilitas komunikasi (Studi Kasus Kapabilitas Berkomunikasi di Kalangan Masyarakat Pegunungan Kendeng terkait Penolakan terhadap Pendirian Pabrik Semen di Kabupaten Pati)


Oleh :
Pramesti Bintang Mahapsari - D.0212081 - Fak. ISIP

Polemik rencana pendirian pabrik semen di Pegunungan Kendeng khususnya Kabupaten Pati sejak tahun 2006 – 2016 menyebabkan perubahan signifikan pada masyarakat Kendeng. Masyarakat yang sebagian besar berlatarbelakang sebagai petani tidak semua memiliki media literacy. Namun, dalam proses menghadapi konflik terlihat peningkatan kapabilitas berkomunikasi. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan masyarakat mengelola komunikasi untuk melakukan tindakan bersama menolak pabrik semen. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kapabilitas komunikasi di masyarakat Kendeng beserta faktor-faktor penyebab berkembangnya. 
Penelitian ini dilakukan di masyarakat Pegunungan Kendeng daerah Kabupaten Pati, dengan metodologi penelitian kualitatif dan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi partisipan, peneliti membaur dan terlibat dengan kegiatan masyarakat, serta melakukan wawancara mendalam supaya informan memberikan data sebanyak-banyaknya. Sampel diambil melalui metode purposive sampling. Sedangkan dalam analisis datanya, peneliti memakai analisis interaktif Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan hingga verifikasi. 
Penelitian ini berkesimpulan bahwa : (1) Kapabilitas komunikasi masyarakat Kendeng ditandai oleh access, competence dan motivation serta tindakan bersama sebagai hasilnya. (2) Faktor-faktor yang menyebabkan perkembangan tersebut yaitu : a) Kegagalan komunikasi negosiasi antara masyarakat, pemerintah maupun pabrik semen; b) Pengalaman dari konflik pertama dengan PT. Semen Indonesia Tbk berkaitan dengan keterlibatan LSM; c) Peran opinion leader sebagai orang yang berpengaruh terutama dalam penyebaran informasi dan pendorong inovasi atau gagasan baru; d) Kesadaran di antara masyarakat mengenai pentingnya jalinan komunikasi yang lebih efektif diantara sesama warga maupun beragam khalayak di luar masyarakat Kendeng 
Kata Kunci : Kapabilitas Komunikasi, Konflik Kendeng, Komunikasi Negosiasi, Opinion Leader, LSM