Abstrak


Hubungan fear of failure dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa kedokteran tahun pertama Universitas Sebelas Maret


Oleh :
Safira Widyaputri - G.0013210 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang: Mahasiswa kedokteran tahun pertama dapat mengalami stress karena memiliki beban akademik yang sangat berat serta harus beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Stress atau tekanan pada mahasiswa kedokteran tahun pertama dapat menyebabkan munculnya perasaan fear of failure. Fear of failure dapat membuat seseorang merasa usahanya belum cukup baik sehingga mereka melakukan prokrastinasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara fear of failure dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa kedokteran tahun pertama. 
Metode: Penelitian ini bersifat observasional analitik dengan pendekatan case control. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa kedokteran tahun pertama UNS. Sampel diambil menggunakan teknik total sampling dan simple random sampling sejumlah 68 responden. Tingkat fear of failure dan prokrastinasi akademik diperoleh dari kuesioner The Performance Failure Appraisal Inventory (PFAI) dan kuesioner prokrastinasi akademik. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan uji regresi logistik. 
Hasil: Hasil regresi logistik menunjukkan fear of failure dapat mengakibatkan prokrastinasi akademik dengan Odds Ratio 6,75 dan signifikan secara statistik (p=0,013). 
Simpulan: Terdapat hubungan positif antara fear of failure dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa kedokteran tahun pertama Universitas Sebelas Maret. 
Kata Kunci : fear of failure, prokastinasi akademik, mahasiswa kedokteran tahun pertama