Abstrak


Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Pada Mata Kuliah Ilmu Ukur Tanah II


Oleh :
Arif Sofarul Anwar - K1512009 - Fak. KIP

Tujuan Penelitian ini adalah : (1) Merancang media pembelajaran berbasis video tutorial pada mata kuliah Ilmu Ukur Tanah II. (2) Mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis video tutorial pada mata kuliah Ilmu Ukur Tanah II.
Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R&D) melalui prosedur pengembangan media pembelajaran yaitu : (1) Tahap studi pendahuluan dengan melaksanakan studi literatur dan studi lapangan. (2) Tahap studi perancangan dengan melakukan penyusunan desain media yang dibagi menjadi 3 bagian diantaranya: penyusunan draft materi, penyusunan naskah materi, penyusunan storyboard dan penentuan kebutuhan software dan hardware. Kemudian pengambilan video, screenshoot video, editing video, dubbing audio dan penyusunan dalam adobe flash professional cs6. Selanjutnya melakukan validasi penilaian kepada para ahli / pakar materi, media dan pembelajaran untuk menilai kelayakan media pembelajaran. Selanjutnya melakukan uji coba terbatas dengan 8 mahasiswa yang pernah menempuh mata kuliah ilmu ukur tanah II dan uji coba luas kepada 54 mahasiswa PTB FKIP UNS yang pernah menempuh mata kuliah ilmu ukur tanah II. (3) Tahap evaluasi merupakan tahap akhir dari proses perancangan terkait model final media pembelajaran mata kuliah ilmu ukur tanah II.
Berdasarkan hasil penelitian dari penilaian ahli materi menyatakan bahwa media pembelajaran ilmu ukur tanah II sangat layak digunakan dengan persentase sebesar 90%. Penilaian ahli media menyatakan bahwa perancangan media pembelajaran ilmu ukur tanah II termasuk kategori sangat layak dengan persentase 98,5%. Penilaian ahli pembelajaran menyatakan bahwa perancangan media pembelajaran ilmu ukur tanah II sangat layak dengan persentase sebesar 92% sedangkan uji coba terbatas hasil yang diperoleh sebesar 82,5% menyatakan bahwa media pembelajaran yang dirancang sangat layak kemudian pada uji coba luas menyatakan dengan persentase 79% bahwa media pembelajaran termasuk kategori layak.
Kata Kunci: media, pembelajaran, ilmu ukur tanah II, video, tutorial