Abstrak


Intellectual Capital dan Kinerja Keuangan Perusahaanperbankan di Indonesia Studi Empiris Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2009-2012


Oleh :
Lucky Bruri Angala - F.0309044 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Intellectual Capital terhadap kinerja keuangan perusahaan perbankan yang diukur menggunakan Return On Asset (ROA). Komponen  Intellectual Capital yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari Value Added Capital Employee (VACA), Value Added Human Capital (VAHU), Dan Structural Capital Value Added (STVA).

Penelitian ini menggunakan data sekunder dari IDX. Sampel diambil dengan metode purposive sampling. Dari 43 perusahaan terpilih 29 perusahaan yang memenuhi kriteria dari tahun 2009-2012 dianalisis menggunakan metode kualitatif, dengan pengujian analisis regresi berganda melakukan uji asumsi klasik sebelum memperoleh model penelitian yang terbaik. Variabel independen dalam penelitian ini adalah VACA, VAHU, STVA, dan VAIC, sedangkan ROA sebagai variabel dependen.

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa VACA dan VAIC berpengaruh positif signifikan terhadap ROA. VAHU dan STVA tidak berpengaruh terhadap ROA perusahaan perbankan di Indonesia.

Kata Kunci: Intellectual Capital, Kinerja Keuangan Perusahaan.