Abstrak


Analisis Preferensi Variety Seeking Konsumen Pada Restoran di Kota Yogyakarta


Oleh :
Sani Arum Sari - F.1213057 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Perkembangan bisnis Restoran saat ini sangat pesat terutama di kota besar. Beragam pilihan restoan yang ada membuat konsumen lebih leluasa dalam mencari variasi pada restoran yang akan dipilih, jadi penting untuk mempelajari alasan mendasar konsumen dalam pencarian variasi pada kategori yang sama.

Penelitian ini dilakukan pada konsumen yang sudah pernah makan di Restoran dan cenderung suka mencari variasi dalam hal pemilihan restoran. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini mengambil jumlah responden sebanyak 115 orang. Teknik pengujian data menggunakan Regresi berganda dan Moderated Regression Analysis (MRA) dengan menggunakan SPSS18.

Berdasarkan hasil analisis regresi yang menguji hipotesis dalam penelitian ini, didapatkan hasil antara lain 1) persepsi kualitas berpengaruh positif dan signifikan pada pencarian variasi dalam alternatif yang sudah dikenal 2) kebosanan menyeluruh pada pengalaman makan di masa lalu berpengaruh positif dan signifikan pada pencarian variasi pada alternatif yang baru  3) kebosanan pada atribut restoran berpengaruh positif dan signifikan pada pencarian variasi dalam alternatif yang sudah dikenal 4) loyalitas tidak memoderasi hubungan antara persepsi kualitas dan kepuasan konsumen dengan pencarian variasi 5) karakteristik individu tidak memoderasi hubungan antara kebosanan menyeluruh pada pengalaman makan di masa lalu dan kebosanan pada atribut restoran dengan pencarian variasi.

Dari hasil studi tersebut, diharapkan para pelaku bisnis memahami dan lebih peka pada tingkat kebosanan konsumen dan persepsi konsumen yang berbeda dan cenderung berubah untuk dapat bertahan dan mampu bersaing dalam persaingan bisnis saat ini.

Kata kunci: Persepsi konsumen, Kebosanan, pencarian variasi, , karakteristik kepribadian, loyalitas,  restoran.