Abstrak


Pengembangan Modul Komputer Akuntansi Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa di SMK Negeri 3 Surakarta


Oleh :
Farah Kurnia Isnaini - K7412072 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) modul yang layak digunakan pada pembelajaran Komputer Akuntansi di SMK Negeri 3 Surakarta dan (2) efektifitas modul dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa pada pembelajaran Komputer Akuntansi di SMK Negeri 3 Surakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian terapan yang bertujuan untuk menghasilkan suatu produk dan diujicobakan dengan model eksperimen. Prosedur penelitian pengembangan mengadaptasi dari Borg and Gall (1983) yang telah dimodifikasi meliputi: (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal, (2) perencanaan, (3) pengembangan format produk awal, (4) uji coba awal, (5) revisi produk awal, (6) uji coba lapangan, dan (7) revisi produk akhir. Validasi desain dilakukan oleh ahli materi, praktisi, dan ahli media. Subjek uji coba terdiri dari 10 siswa dalam uji coba awal, serta 30 siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 3 Surakarta (kelas tindakan) dan 32 siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 3 Surakarta (kelas kontrol) dalam uji coba lapangan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari catatan observasi dan wawancara, angket, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial melalui paired sample t-test dan independent sample t-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Pertama, modul yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan pada pembelajaran komputer akuntansi menurut hasil validasi ahli dan uji coba pada siswa dengan rincian hasil validasi materi dan praktisi memeroleh persentase rata-rata 97,00% (Sangat Baik), hasil validasi media memeroleh persentase rata-rata 90,00% (Sangat Baik). Hasil uji coba awal memeroleh persentase rata-rata 88,40%. Kedua, modul yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa dengan ditemukan adanya perbedaan kemandirian belajar siswa antara kelas kontrol dan kelas tindakan dengan nilai Sig.=0,000 < α=0,05, dengan rata-rata kemandirian belajar siswa kelas tindakan 81,00 dan kelas kontrol 67,98.
Simpulan penelitian ini adalah pengembangan modul layak dan efektif dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa pada pembelajaran Komputer Akuntansi di SMK Negeri 3 Surakarta.
Kata kunci: modul, kemandirian belajar siswa, pembelajaran komputer akuntansi, Borg and Gall.