Abstrak


Pengaruh Latihan Stride Jump Crossover dan Single Leg Stride Jump Terhadap Peningkatan Power Otot Tungkai Pada Siswa Ekstrakulikuler Pencak Silat Sma Muhammadiyah Imam Syuhodo Tahun 2016


Oleh :
Ilyas Fadli - K5612042 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh latihan Stride Jump Crossover dan Single Leg Stride Jump terhadap power otot tungkai pada siswa ekstrakulikuler pencak silat SMA Muhammadiyah Imam Syuhodo tahun 2016. (2) Latihan yang lebih baik pengaruhnya antara latihan Stride Jump Crossover dan Single Leg Stride Jump terhadap power otot tungkai pada siswa ekstrakulikuler pencak silat SMA Muhammadiyah Imam Syuhodo tahun 2016.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan pretest-postest designs. Pada penelitian ini seluruh siswa putra ekstrakurikuler pencak silat SMA Muhammadiyah Imam Syuhodo tahun 2016 yang berjumlah 24 siswa merupakan subjek penelitian. Pengumpulan data yang digunakan adalah tes (Vertical power jump).Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji perbedaan (uji – t) dengan melalui uji persyaratan terlebih dahulu seperti uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji homogenitas.

Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut;(1) Ada perbedaan pengaruh  latihan Stride Jump Crossover dan single leg stride jump terhadap power otot tungkai pada siswa ekstrakulikuler pencak silat SMA Muhammadiyah Imam Syuhodo tahun 2016 dengan thitung yang diperoleh = > ttabel =  2.201. (2) Latihan Stride Jump Crossover lebih baik pengaruhnya dari pada Latihan Single Leg Stride terhadap peningkatan power otot tungkai pada siswa ekstrakulikuler pencak silat SMA Muhammadiyah Imam Syuhodo tahun 2016. dengan presentase peningkatan kelompok 1 (latihan stride jump crossover) sebesar   lebih besar dari pada kelompok 2 (latihan single leg stride jump) sebesar .

Kata kunci: power otot tungkai, Latihan, Stride Jump crossover, Single Leg Stride Jump.