Abstrak


Penguatan Nilai-Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (Studi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Ajaran 2015/2016)


Oleh :
Siti Halimah - K6412067 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Proses pengutan nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi proses penguatan nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Karanganyar.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus tunggal terpancang. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan analisis dokumen. Validitas data menggunakan trianggulasi data dan trianggulasi metode. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif dengan tahap-tahap sebagai berikut (1) Tahap persiapan, (2) Reduksi Data, (3) Penyajian Data, (4) Penarikan Kesimpulan. Adapun prosedur penelitian dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) Tahap Persiapan, (2) Tahap Pengumpulan Data, (3) Tahap Analisis Data, (4) Tahap Penyusunan Laporan Penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penguatan nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran PPKn pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Karanganyar melalui tiga tahap, yaitu tahap perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Tahap perencanaan pembelajaran penguatan dilakukan dengan mengintegrasikan nilai-nilai multikultural dalam Silabus maupun RPP. Tahap pelaksanaan pembelajaran penguatan dilakukan secara verbal dan non verbal. Pendekatan yang digunakan dengan menggunakan pendekatan penambahan materi dalam pembelajaran PPKn tanpa mengubah struktur kurikulum dan keilmuan. Tahap penilaian pembelajaran penguatan dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian sikap untuk mengetahui sikap multikultural siswa; (2) Proses penguatan nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran PPKn di SMA Negeri 2 Karanganyar dipengaruhi oleh faktor-faktor yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung antara lain kurikulum 2013, materi pembelajaran, metode pembelajaran serta kompetensi guru dalam mengelola pembelajaran, lingkungan sekolah yang heterogen. Faktor penghambat penguatan nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran PPKn antara lain: faktor internal dan faktor eksternal, faktor internal meliputi minat belajar siswa terhadap mata pelajaran PPKn. Faktor eksternal berupa waktu pembelajaran yang terbatas.                                              Kata Kunci : Penguatan, Nilai-Nilai Multikultural, Pembelajaran PPKn