Abstrak


Menggugah Kesadaran Niat Beralih Masyarakat ke Bahan Bakar Ramah Lingkungan (Studi pada Premium ke Pertalite di Kota Surakarta)


Oleh :
Irfan Dwi Nurcahyo - F0212056 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh harga, ketidaknyamanan, dan atribut produk baru pada niat beralih dengan pengaruh sosial sebagai moderasi. Penelitian ini dilakukan pada masyarakat Surakarta yang memiliki niat beralih ke bahan bakar yang lebih ramah lingkungan dalam hal ini pertalite.
Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui kuisioner yang diberikan kepada responden. Sampel terdiri dari 200 responden dengan teknik pengambilan sampelnya adalah convenience sampling. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Structural Equational Model (SEM) dengan bantuan perangkat lunak Amos versi 21.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga, ketidaknyamanan, dan atribut produk baru berpengaruh terhadap niat beralih. Studi ini memiliki keterbatasan yang meliputi objek yang diteliti hanya difokuskan pada salah satu bahan bakar yang ramah lingkungan yakni Pertalite. Hal ini dapat mengurangi kemampuan generalisasi dari temuan penelitian. Sehingga pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengurangi keterbatasan pada penelitian ini.
Kata Kunci: Niat beralih, kewajaran harga, ketidaknyamanan (inconvenience), atribut produk baru, pengaruh sosial