Abstrak


Analisis Determinan Profitabilitas Bank Syariah (Studi Empiris Perbankan Syariah yang Terdaftar di Bank Indonesia dan Bank Negara Malaysia Periode 2012-2014)


Oleh :
Nindy Estha Windriyanti - F.0309058 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh karakteristik bank terhadap profitabilitas bank syariah di Indonesia dan Malaysia. Populasi dalam penelitian ini adalah bank syariah yang terdaftar di Bank Indonesia dan Bank Negara Malaysia untuk periode 2012-2014. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 81 bank syariah yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel independen yang digunakan sebagai proksi karakteristik bank adalah capital ratio, liquidity ratio, non earning assets ratio, fund source management, overhead ratio, dan risk ratio. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah return on asset (ROA) dan return on equity (ROE). Penelitian ini menggunakan regresi linear berganda untuk menganalisis data.
Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa overhead ratio, risk ratio,dan capital ratio berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas (ROA dan ROE). Fund source management berpengaruh signifikan terhadap ROE. Sebaliknya, karakteristik bank yang lain tidak berpengaruh secara signifikan terhadap profitabilitas.
Kata Kunci : profitabilitas capital ratio, liquidity ratio, non earning assets ratio, fund source management, overhead ratio, risk ratio