Abstrak


Implementasi Green Campus Bidang Transportasi (Studi Kasus di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret)


Oleh :
Andrianus Joko Kristyanto - F.0112007 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui jumlah zat pencemar udara CO, HC dan NOx, 2) mengestimasi biaya polusi dan biaya pemakaian BBM, dan 3) mengetahui kualitas udara di lingkungan FEB UNS yang berdampak dalam keberhasilan Green Campus bidang transportasi FEB UNS. Jenis data yang digunakan yaitu data primer berupa jumlah kendaraan bermotor yang masuk ke tempat parkir FEB UNS dan jarak tempuh perjalanan menuju FEB UNS dari tiga gerbang masuk utama kampus UNS serta jumlah biaya pemakaian BBM per bulan. Metode analisis yang digunakan adalah metode penghitungan jumlah zat pencemar udara dengan faktor emisi.
Hasil penelitian ini adalah jumlah zat pencemar udara akibat aktivitas kendaraan bermotor yang masuk ke tempat parkir FEB UNS adalah 2.517,79 g/jam CO, 918,61 g/jam HC dan 47,66 g/jam NOx. Estimasi biaya polusi udara yang ditanggung oleh pengendara akibat aktivitas kendaraan bermotor yang masuk ke tempat parkir FEB UNS adalah Rp301.046.963,01 dan biaya pemakaian BBM per tahun Rp.622.658.339,16 maka total biaya yang ditanggung civitas akademi FEB UNS yaitu Rp.923.705.302,17. Kualitas udara FEB UNS dipengaruhi oleh jumlah zat pencemar udara CO, HC dan NOx yang mempunyai kadar dalam kategori udara tercemar sehingga dikatakan bahwa program Green Campus bidang transportasi di lingkungan FEB UNS belum berhasil. Hasil tersebut dapat bertambah banyak atau berkurang tergantung dengan jumlah kendaraan bermotor yang masuk ke FEB UNS dan panjang jarak tempuh karena hubungan keduanya berpengaruh positif.
Untuk mengurangi pencemaran udara di lingkungan kampus UNS dapat dilakukan melalui adanya realisasi dan target dari masing-masing program Green Campus bidang transportasi serta sosialisasinya terhadap seluruh civitas akademi UNS. Selain itu juga perlu adanya peraturan tambahan mengenai syarat lolos uji emisi bagi kendaraan bermotor yang masuk ke lingkungan kampus dan program penghijauan di lingkungan kampus UNS juga dapat ditambahkan untuk mengurangi pencemaran udara akibat aktivitas kendaraan bermotor.
Kata kunci: biaya polusi, Green Campus, kendaraan bermotor, kualitas udara dan zat pencemar udara.