Abstrak


Komunikasi Pemasaran Melalui Media Internet (E-Commerce) Website Rumah Sakit


Oleh :
S Dodi Nugroho - D1213065 - Fak. ISIP

ABSTRAK

 

S DODI NUGROHO. D1213065. KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI MEDIA INTERNET (E-COMMERCE) WEBSITERUMAH SAKIT (Studi Deskriptif Kualitatif Komunikasi Pemasaran Melalui E-Commerce WebsiteRumah Sakit Dr. OEN Solo Baru). Skripsi, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2016.

Dalam setiap perusahaan komunikasi pemasaran berperan penting terhadap perkembangan setiap perusahaan. Komunikasi pemasaran bertujuan untuk membangun dan memasarkan produk atau jasa dalam setiap perusahaan. Dalam era digital sekarang ini, internet digunakan setiap perusahaan untuk membangun citra perusahaan dan menjual produk maupun jasa. E-commerce merupakan salah satu bentuk perdagangan melalui internet, tidak hanya itu e-commerce juga bertujuan memberikan informasi perusahaan. Persaingan setiap perusahaan dalam dunia global sangat dipengaruhi oleh komunikasi pemasaran melalui internet dalam membangun perusahaan tersebut.

Rumah Sakit Dr. OEN Solo Baru merupakan salah satu rumah sakit yang berada di kawasan Solo Baru, Sukoharjo. Rumah Sakit Dr. OEN Solo Baru mempunyai website untuk membangun citra perusahaan, hal ini menarik untuk diteliti karena rumah sakit merupakan penyedia jasa kesehatan berbeda dengan menawarkan suatu produk, sehingga bagaimanakah komunikasi pemasaran melalui internet (website) tersebut agar dapat menarik minat masyarakat menggunakan jasa kesehatan Rumah Sakit Dr. OEN Solo Baru. Penelitian ini menggunakan teknik  wawancara. Penelitian ini melalui pengumpulan data, penyajian data dan kesimpulan.

Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Rumah Sakit Dr. OEN Solo Baru menggunakan website sebagai media untuk memberikan informasi, menjual jasa dan membangun citra perusahaan. Konten rumah sakit berisi berbagai informasi mengenai rumah sakit, jasa layanan yang dijual oleh rumah sakit dan berbagai konten layanan lainnya. Dalam membuat konten website Rumah Sakit Dr. OEN Solo Baru mempunyai strategi dengan menjadikan website rumah sakit menjadi rujukan pertama mesin pencari “Google” sehingga dapat dengan mudah ditemukan oleh masyarakat.

Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, Website, E-Commerce, Rumah Sakit