Abstrak


Strategi Efficient Differentiation Pada Industri Full Service Airlines Di Asia


Oleh :
Yuliyani Sukoati - F1314093 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

 

Strategi efficient differentiation dapat bekerja secara efektif apabila ada sistem pengendalian manajemen dalam menerapkan strategi ini. Oleh karena itu, dengan mengidentifikasi biaya yang berkaitan dengan peningkatan kualitas pelayanan premium, FSCs dapat membantu manajemen dalam mendistribusikan biaya dengan cara yang paling efisien tanpa mengurangi kualitas pelayanan untuk mencapai keuntungan maksimal.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produktivitas pegawai, kualitas pelayanan dan keselamatan penerbangan terhadap profitabilitas pada industri full service airlines di Asia serta menentukan faktor internal yang mempengaruhi profitabilitas industri full service airlines di Asia.

Available seat killometres (ASK) per jumlah pegawai sebagai proxy dari produktivitas pegawai, inflight service and passenger expenses sebagai proxy dari kualitas pelayanan dan maintenance expenses sebagai proxy dari keselamatan penerbangan digunakan untuk mengetahui pengaruh produktivitas pegawai, kualitas pelayanan dan keselamatan penerbangan terhadap profitabilitas airlines. Uji korelasi dan analisis jalur telah digunakan untuk analisis data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa produktivitas pegawai, kualitas pelayanan dan keselamatan penerbangan adalah prediktor signifikan dari profitabilitas. Hubungan antara produktivitas pegawai dan keselamatan penerbangan terhadap profitabilitas adalah positif, sementara kualitas pelayanan memiliki hubungan negatif dengan  profitabilitas.  Temuan  menunjukkan  bahwa  maintenance  sebagai  variabel intervening antara kualitas pelayanan dan profitabilitas berhubungan positif.

Kata kunci: produktivitas, kualitas, keselamatan penerbangan, profitabilitas airlines.