Abstrak


Pembuatan Modul Penjadwalan Sistem Blok Kedokteran Di Sistem Generate Jadwal UNS


Oleh :
Fajar Istiqomah - M3113059 - Fak. MIPA

ABSTRAK

Fajar Istiqomah, 2016. Pembuatan Modul Penjadwalan Sistem Blok Kedokteran Di Sistem Generate Jadwal UNS (Studi Kasus : S1 Profesi Dokter FK UNS) Program Diploma III Teknik Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sebelas Maret Surakarta. 
Penyusunan jadwal mata kuliah Universitas Sebelas Maret selama ini dilakukan dengan Sistem Generate Jadwal UNS, namun berdasarkan surat keputusan konsil kedokteran Indonesia no.20/KKI/KEP/IX/2006 tentang pengesahan standar pendidikan profesi dokter, maka fakultas kedokteran menetapkan kurikulum di prodi tersebut didasarkan pada kurikulum berbasis kompetensi dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL),  yaitu menjadikan kuliah menjadi modul blok. Sehingga Sistem Generate Jadwal UNS yang ada belum dapat menagani penjadwalan sistem blok kedokteran tersebut, dan penjadwalan sementara ini dilakukan secara manual. 
Dalam perancangan modul penjadwalan sistem blok dilakukan dengan metode analisa kebutuhan sistem, desain, coding, dan pengujian. Pengumpulan data dilakukan untuk melakukan analisa kebutuhan sistem. Metode yang dilakukan untuk pengumpulan data adalah studi pustaka dan wawancara. Sistem ini dirancang menggunakan unified Modeling Language (UML), dengan bahasa pemrograman PHP yang berorientasi objek dan framework yii, serta menggunakan Microsoft SQL Server untuk database management system. Sedangkan untuk desain interface mengacu pada desain interface yang ada pada sistem generate jadwal UNS. 
Hasil pada tugas akhir ini adalah Modul Penjadwalan Sistem Blok untuk S1 Profesi Dokter yang dapat menangani proses generate sesi, pengolahan blok kuliah, pengolahan mata kuliah, pengolahan mata kuliah penawaran, proses generate jadwal dan laporan jadwal. 

Kata Kunci : penjadwalan sistem blok, framework yii, Microsoft SQL SERVER