Abstrak


Pengembangan multimedia berbasis flipbook maker pada pembelajaran geografi [pokok bahasan pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan] di sma negeri 2 bantul kelas xi tahun ajaran 2015/2016


Oleh :
Aditia Winayasari - K5412002 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan multimedia flipbook maker pada materi pencemaran lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan untuk peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Bantul dan (2) mengetahui efektivitas multimedia flipbook maker pada materi pencemaran lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan untuk kelas XI SMA Negeri 2 Bantul. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Bantul dengan teknik sampel yang digunakan berupa purposive random sampling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D). Subjek penelitian, peserta didik kelas XI IPS. Pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli media, ahli materi, pendidik, angket ujicoba, observasi, dan post-test. Analisis data yang digunakan berupa analisis pengembangan multimedia flipbook maker dan analisis efektivitas multimedia flipbook maker. 
Hasil penelitian ini adalah 1) pengembangan multimedia flipbook maker dinyatakan layak digunakan untuk pembelajaran geografi di sekolah berdasarkan hasil dari ahli media mendapat kategori baik, ahli materi mendapat kategori baik, pendidik mendapatkan kategori sangat baik , ujicoba produk mendapat respon positif, 2) multimedia flipbook maker efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik. 
Kata Kunci: Research and Development, Multimedia, Flipbook maker