Abstrak


Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar sejarah pada siswa kelas xi ips 5 di sman 1 Ngemplak Boyolali tahun pelajaran 2015/2016


Oleh :
Ayu Tiara Hapsari - K4412010 - Fak. KIP

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan model pembelajaran Picture and Picture serta untuk meningkatkan minat dan prestasi siswa dalam pembelajaran sejarah pada siswa kelas XI IPS 5 SMAN 1 Ngemplak Boyolali. 
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 5 SMAN 1 Ngemplak Boyolali yang berjumlah 27 siswa. Sumber data berasal dari guru, siswa, dan proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, wawancara, dan tes. Uji validitas menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi data dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. 
Hasil penelitian yang telah dilakukan di SMAN 1 Ngemplak Boyolali pada siswa kelas XI IPS 5 bahwasannya minat dan prestasi belajar siswa pada pelajaran sejarah masih terbilang rendah terlihat dari tindakan prasiklus dengan persentase minat belajar 66,22% dan prestasi belajar 55,56% dari jumlah siswa 27 orang hal tersebut masih berada dibawah rata-rata. Pada tahap siklus I minat belajar siswa kelas XI IPS 5 pada pelajaran sejarah sudah menunjukkan peningkatan yang berbeda dibandingkan sebelum dilaksanakannya tindakan siklus I dengan persentase 73,85% begitu pula dengan prestasi belajar siswa yang menunjukkan peningkatan dengan persentase 66,67%. Pada tahap siklus II minat belajar meningkat menjadi 81,37% dan prestasi belajar siswa kelas XI IPS 5 semakin meningkat lebih baik lagi menjadi 81,48% dengan hasil angket dan tes yang sama dari seluruh siswa kelas XI IPS 5 menunjukkan hasil yang baik. Hal ini bisa dikatakan berhasil karena sudah melebihi dari indikator ketercapaian yang ditentukan. 
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat ditarik simpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS 5 SMAN 1 Ngemplak Boyolali. 
Kata kunci : Model Pembelajaran Picture And Picture, Minat dan Prestasi Belajar Sejarah, Pembelajaran Sejarah