Abstrak


Penerapan model pembelajaran kooperatif teknik two stay two stray sebagai upaya untuk meningkatkan aktivitas belajar dan keterampilan berdiskusi siswa kelas viic smpn 1 Banyudono


Oleh :
Indah Kusumawardani - K1212036 - Fak. KIP

Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan keterampilan berdiskusi siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIC SMPN 1 Banyudono dengan jumlah 34 siswa. Dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus yang terbagi menjadi empat tahap dalam setiap siklusnya, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Upaya yang akan digunakan oleh peneliti adalah menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik Two Stay Two Stray. 
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Two Stay Two Stray ini, mampu meningkatkan aktivitas belajar dan keterampilan berdiskusi siswa kelas VIIC SMPN 1 Banyudono pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Hal ini terlihat dari peningkatan aktivitas belajar dan keterampilan berdiskusi siswa. Berdasarkan penelitian pada siklus I tingkat aktivitas belajar siswa sebesar 52,94% untuk hasil observasi.Hasil tersebut meningkat kembali di siklus II menjadi sebesar 85,29% berdasarkan hasil observasi. Kemudian untuk keterampilan berdiskusi siswa pada siklus I yang semula sebesar 47,06% mengalami peningkatan sebesar 41,17% menjadi 88,23%. 
Kata Kunci: pembelajaran kooperatif, Two Stay Two Stray, aktivitas belajar, keterampilan berdiskusi.