;

Abstrak


Upaya menumbuhkan soft skill dan meningkatkan prestasi belajar melalui metode physical self-assessment dan problem based learning pada mata pelajaran produktif teknik kendaraan ringan pada siswa kelas xii smk kristen Pedan tahun 2015/2016


Oleh :
Muji Raharjo - S811408008 - Sekolah Pascasarjana

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) penerapan metode pembelajaran Physical Self-Assessment dalam menumbuhkan soft skill pada siswa; (2) penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning dalam menumbuhkan soft skill pada siswa. 
Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas yaitu suatu penelitian yang berupa kolaborasi antara peneliti, guru dan siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII SMK Kristen Pedan Klaten tahun pelajaran 2015/2016. Sumber data penelitian adalah : 1). Informan (guru dan siswa) 2). Peristiwa/proses pembelajaran. 3). Dokumen (silabus, RPP, buku pelajaran, dan sebagainya). Uji validitas data menggunakan trianggulasi dan teknik review informan. Teknik analisis data menggunakan teknik: 1) Teknik analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan hasil antar siklus; 2) Teknik analisis kritis digunakan untuk data kualitatif. Indikator kinerja yang ingin dicapai dalam penelitian adalah 75% dari indikator soft skill tercapai. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan Metode Pembelajaran Physical Self-Assessment mampu meningkatkan hasil belajar dan soft skill siswa Kelas XII TKR SMK Kristen Pedan tahun ajaran 2015/2016. Keterampilan soft skill sebesar 82% sudah melebihi indikator kinerja yang ditetapkan yaitu sebesar 75%, sehingga penelitian tindakan ini dinyatakan sudah berhasil; (2) Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning mampu meningkatkan hasil belajar dan soft skill siswa Kelas XII TKR SMK Kristen Pedan tahun ajaran 2015/2016. Keterampilan soft skill sebesar 84,5% sudah melebihi indikator kinerja yang ditetapkan yaitu sebesar 75%, sehingga penelitian tindakan ini dinyatakan sudah berhasil; (3) Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning lebih mampu meningkatkan hasil belajar dan soft skill dibandingkan Physical Self-Assessment pada siswa Kelas XII TKR SMK Kristen Pedan tahun ajaran 2015/2016. Pembelajaran PBL lebih mampu meningkatkan hasil belajar dan soft skill siswa. Hasil belajar pada penggunaan model PSA pada akhir siklus II adalah mencapai 82,4 dengan prosentase keterampilan soft skill mencapai 82%. Sedangkan hasil belajar pada pembelajaran PBL pada akhir siklus II adalah mencapai 86,2 dengan prosentase keterampilan soft skill mencapai 84,5%. Hal ini berarti penggunaan model pembelajaran PBL lebih mampu meningkatkan hasil belajar dan soft skill siswa. 
Kata kunci: Soft Skill, Physical Self-Assessment, Problem Based Learning